Kamis, 12 Januari 2012

TEORI MIMPI ZAMAN TIONGKOK KUNO)


KEHIDUPAN NYATA DI RUANG LAIN (TEORI MIMPI ZAMAN TIONGKOK KUNO)












(Epochtimes.co.id)
Apa yang dipikirkan di pagi hari, kadang muncul dalam mimpi di malam hari, sesungguhnya bagaimanakah terjadinya mimpi? Terjadi di mana? Apakah yang dimaksud dengan "Sebuah mimpi jewawut (Setaria italica)?"
Apakah Zhuang Zhou yang bermimpi tentang kupu-kupu, ataukah kupu-kupu yang bermimpi tentang Zhuang Zhou? Manusia macam apakah yang tidak bermimpi? Hendak menjelaskan fenomena mimpi-mimpi tersebut, perlu dibahas perihal TCM (Traditional Chinese Medicine) dan ilmu spiritual aliran Tao zaman Tiongkok kuno. 
Apabila sehari tidur 8 jam, maka dalam kehidupan manusia akan terdapat 1/3 waktunya dipergunakan hanya untuk tidur. Di zaman Tiongkok kuno sangat mementingkan mimpi, jauh pada zaman Dinasti Shang (abad 16-11 SM) sudah ada pejabat khusus yang menjelaskan mimpi bagi kalangan istana dan para bangsawan dan apa yang terjadi di mimpi dianggap dapat merefleksikan keberuntungan maupun kesialan.
Zhou Li dan Lie Zi, dua kitab kuno, membagi mimpi menjadi enam macam, Zhou Gong mengurai mimpi adalah kitab yang mulai tersebar pada waktu itu.
Pendapat TCM tentang mimpi
Kitab suci TCM (Traditional Chinese Medicine, ilmu kedokteran tradisional Tiongkok) yakni Huang Di Nei Jing mengatakan bahwa manusia terbentuk oleh "Langit dan bumi", itulah mengapa pembentukan manusia mengandung 2 komponen utama yakni:  komponen dari langit dan komponen dari bumi.
Langit termasuk tak berbentuk, "bumi" termasuk yang berbentuk; oleh karena itu jiwa manusia selain memiliki tubuh "berbentuk" juga mengandung komponen yang "tak berbentuk"; maka manusia itu bersamaan hidup di ruang yang "berbentuk" maupun "tak berbentuk" pada ruang lain.
TCM menganggap lima organ (jantung, hati, paru-paru, limpa, ginjal) selain tempat menyimpan spirit, juga jiwa (sebutan secara umum) yang meliputi: jiwa (shen), roh (hun), sukma (po), niat (Yi), kehendak (zhi). Shen (jiwa) adalah pemimpin dari lima organ, yang khusus disebut sebagai: Yuanshen.  
Yuanshen adalah dominan (yang mendominasi) sesungguhnya dari manusia. Ketika manusia dalam keadaan sadar jernih, Yuanshen-lah yang mengeluarkan kesadaran dan melalui otak besar memberikan perintah serta aba-aba, mengontrol tubuh, menghasilkan beraneka ragam aktivitas kegiatan di ruang yang "berbentuk";  sedangkan jiwa, roh, sukma dan komponen jiwa yang  tidak berbentuk lainnya adalah peserta utama aktivitas di ruang lain ketika manusia di dalam keadaan tidur nyenyak yakni ketika tubuh sedang beristirahat.
TCM terutama beranggapan bahwa roh (hun) adalah pemeran utama tidur, karena hun pada pagi hari muncul di mata, pada malam hari ia balik ke organ hati; pada saat hun berada di mata (jendela nurani) maka ia bisa melihat benda, pada saat hun berada di organ hati maka ia bisa bermimpi.
Ahli Tao mengurai mimpi
TCM termasuk "ilmu kedokteran Tao", pada dasarnya kebudayaan Tiongkok kuno sebetulnya termasuk "kebudayaan beraliran Tao". Pejabat nujum mimpi pada zaman kuno melakukan analisa menyeluruh terhadap suasana mimpi dengan kehidupan realita, menggabungkannya dengan teori dan prinsip dari: Yin-Yang, Lima Elemen (Wu Xing) dan 8 Trigram (Ba Gua atau patkua), melakukan penafsiran tentang  kebaikan atau keburukan yang akan dihasilkan dari mimpi tersebut.
"Zhou Gong menafsir mimpi" yang terwariskan sekarang adalah merangkum dengan metode sistematis sebagian besar suasana mimpi, misalkan bermimpi tentang kebakaran menandakan peruntungan keluarga bisa terangkat naik, bermimpi tentang turun salju menandakan di dalam keluarga bakal terjadi musibah dan sebagainya.
Kitab kuno Lie Zi dari Zaman Zhou (abad 11-256SM, Lie Zi adalah seorang kultivator aliran Tao), dengan lebih jelas lagi menerangkan tentang cara penafsiran mimpi. Mimpi bisa terdiri dari 6 macam yang disebut 6 Hou dan digabungkan dengan 8 Pertanda tentang hal yang ditemui ketika dalam keadaan sadar serta dijadikan sebagai dasar penafsiran mimpi.
Legenda mimpi
Pada Zaman Tang terdapat seorang intelektual bernama Lu Sheng, ia berjumpa seorang arif bijaksana bernama Lu Weng yang memberinya sebuah bantal, di sebuah penginapan di Kota Handan tertidurlah ia di atas bantal tersebut.
Sesudah Lu Sheng tertidur pulas, ia bermimpi yang sangat panjang sekali. Ia bermimpi tentang pernikahan, lulus dalam ujian negara, memiliki 5 anak, menjadi seorang pejabat dan jabatan terakhirnya ialah perdana menteri.
Usianya mencapai 80 tahun, ketika ajal menjelang, begitu ia terkejut, tiba-tiba lantas terbangun, total telah terlewati 50 tahun (di dalam mimpi tersebut). Pada saat itu jewawut yang direbus terletak tidak jauh dari ranjangnya belum juga matang, itu adalah "sebuah mimpi jewawut" yang tersohor. 
Mengapa tubuh ketika bermimpi di ruang berbentuk seperti ini hanya berlangsung beberapa menit saja, padahal ruang tidak berbentuk di dalam suasana mimpi itu sudah berlalu 50 tahun lamanya? Ini adalah permasalahan selisih waktu antara ruang berbentuk dan ruang tak berbentuk, karena pada ruang berbeda memiliki waktu yang berbeda pula.
Di dalam kitab kuno Zhuang Zi (Zhuang Zi adalah seorang kultivator aliran Tao sekitar 2.500 tahun yang silam), terdapat kisah mengenai Zhuang Zhou Bermimpi Kupu-kupu, Zhuang Zhou bertanya kepada dirinya sendiri: "Apakah Zhuang Zhou yang bermimpi tentang kupu-kupu? Ataukah kupu-kupu yang bermimpi Zhuang Zhou?"
Mengapa Zhuang Zi memiliki pemikiran seperti ini? 
Zhuang Zi berpendapat perdebatan tentang baik dan buruk, ada dan tiada di dunia fana ini tidak diperlukan.
Ketika manusia bisa terlepas dari pemikiran manusia dan menyatu dengan bumi-langit (alam semesta) serta telah mencapai Tao, maka tidak lagi terjebak dengan baik-buruk, ada-tiada, karena segala materi adalah satu, baik Zhuang Zhou maupun si kupu-kupu keduanya berasal dari Tao (bab ke-2 eori satu materi oleh Zhuang Zi).
Zhuang Zi juga beranggapan ketika manusia bisa terlepas dari hati manusia dan menyatu dengan Tao, maka tak akan menderita kelelahan tubuh dan pikiran, bisa berkelana di ketakterhinggaan dan melanglang jagad raya dengan bebas.
Kultivasi aliran Tao harus menempuh jalan "kembali ke jati diri asli", yakni harus melepas berbagai keterikatan hati manusia dan pikiran/konsep pasca kelahiran yang tidak baik dan kembali ke masa pra-kelahiran, yaitu yang berbentuk Yuan shen (jiwa prima), asal muasal jiwa. 
Manusia sejati tercapai berkat penyatuan raga dan jiwa dan selaras dengan Tao, sudah mencapai taraf tak berbatasan, tak terpengaruh dunia luar, tidak terikat oleh materi berbentuk dan pikiran, maka itu ia tidak bermimpi.
Cara hidup manusia di  ruang lain
Sesungguhnya apakah mimpi itu nyata, ataukah khayalan saja? Coba perhatikan apa yang ditulis pepatah kuno: "Mimpi bagaikan kehidupan, kehidupan bagaikan mimpi."
Sebetulnya kehidupan manusia mengandung 2 hal penting: kehidupan nyata dan hidup di alam mimpi. Di dalam kehidupan nyata, terjadi di dunia yang kelihatan, Yuan Shen dengan tubuh adalah pemeran utama, Yuan Shen mengeluarkan kesadaran dan mengontrol tubuh serta menimbulkan berbagai aktivitas tindakan. Tentu saja, saat itu Yuan Shen juga dapat dipengaruhi oleh komponen kehidupan dari ruang lain.
Di dalam kehidupan mimpi, terjadi di ruang lain yang tidak berbentuk, jiwa, sukma, roh dan komponen jiwa lain yang tidak berbentuk adalah pemeran utama. Berbagai komponen kehidupan pada masing-masing ruang eksistensinya, menimbulkan berbagai aktivitas tindakan.
Waktu itu, tubuh dalam kondisi beristirahat, tetapi bukan berhenti total, informasi kegiatan dari berbagai macam komponen jiwa di ruang lain bisa direfleksikan pada permukaan otak besar, ini adalah impian yang oleh ilmu kedokteran moderen disebut mimpi.
Mimpi adalah aktivitas kegiatan jiwa yang eksis di ruang lain yaitu perwujudan kehidupan manusia di ruang tak berbentuk. Oleh karena itu, mimpi adalah sesuatu yang nyata, adalah bagian penting yang tidak bisa kurang dalam kehidupan manusia. Kehidupan nyata dan kehidupan di dalam mimpi membentuk sebuah kehidupan yang utuh, keduanya bisa saling mempengaruhi, itulah mengapa orang kuno begitu memperhatikan mimpi.
Mengapa di pagi hari terpikir sekilas bisa menimbulkan terbawa ke dalam mimpi di malam hari?
Pikiran juga memiliki jiwa, ia eksis di ruang lain yang tak berbentuk. Di dalam mimpi, pikiran yang ditimbulkan pada pagi hari bisa ikut berperan dalam kegiatan di ruang lain, dan direfleksikan ke lapisan kulit otak besar, inilah yang disebut terbawa ke dalam mimpi di malam hari.
Tentu saja, di ruang lain terdapat banyak komponen jiwa yang ikut berperan di dalam aktivitas, ada yang kepunyaan sendiri, juga ada yang milik orang lain, ada yang dikenal, ada pula yang tidak dikenal, maka terbentuklah mimpi yang beraneka-ragam dengan berbagai detail, ini adalah juga semacam kehidupan nyata yang lain, hanya saja terjadi pada ruang lain yang tak berbentuk. (Wang Yuanfu/New Epoch Weekly Magazine/whs)
Wang Yuanfu merupakan seorang dokter dan ahli TCM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar