Kamis, 12 Januari 2012

Sistem Politik di Negara Berkembang


Sistem Politik di Negara Berkembang
Sistem politik di dalam suatu Negara berkembang dapat dibagi menjadi beberapa factor-faktor pembeda. Pembagian factor-faktor ini bertujuan untuk membedakan dengan sistem politik yang lain. Faktor-faktor  tersebut diantaranya adalah kebaikan bersama, identitas bersama, hubungan kekuasaan, legitimasi kewenangan, serta hubungan politik dan ekonomi. Berikut pembagian beberapa factor tersebut:
1.      Kebaikan bersama
Di dalam suatu negara berkembang yang terdapat kemajemukan masyarakat secara kultural, sehingga suka menciptakan suatu identitas yang disepakati bersama. Di dalam kebaikan bersama ini peran pemerintah (eksekutif) yang sangat berperan dalam kebaikan bersama disuatu Negara berkembang. Di sini kebebasan dan hak-hak politik dibatasi, pluralism terbatas, menerapkan korporatisme Negara.

2.      Identitas bersama
Negara berkembang masih mencari bentuk sistem politik yang selaras dengan tingkat perkembangan masyarakatnya, karena masyarakat yang masih sangat majemuk secara kultural sehingga sukar menciptakan suatu identitas yang disepakati bersama.

3.      Hubungan kekuasaan
Lebih bersifat paksaan dari pada konsensus (otoriter), karena hubungan kekuasaan ini yang berupa prinsip kewenangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar