Kamis, 12 Januari 2012

TAKE HOME EXAM Pengantar Ilmu Komunikasi “Observasi Komunikasi Nonverbal”



TAKE HOME EXAM
Pengantar Ilmu Komunikasi
“Observasi Komunikasi Nonverbal”





C.IK.1
FIRMA ZUHDI AL FAUZI
115120200111018
Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik
Universitas Brawijaya

No.
Aspek yang Diamati
                       Hasil Pengamatan
1.
Mendatangi kelompok masyarakat yang berbeda budaya
Masyarakat dayak yang berada di Sampit sebenarnya merupakan keturunan bangsa yuan / cina daratan. Mereka datang ke sampit karena permasalahan kekalahan perang. Namun masyarakat sampit sekarang sudah tercampur dengan masyaraka lain sehingga budaya mereka juga mengalami percampuran. Masyarakat sampit asli sudah sulit ditemui. Penduduk sampit saat ini sebagian besar adalah etnis campuran, Madura dan Jawa. Sehingga ekspresi – ekspresi nonverbal yang ada juga sudah tercampur dengan berbagai budaya. Namun tetap ada karakteristik masyarakat sampit yang menjadi identitas dan pembeda dengan masyarakat lain. Antara lain berupa kesenian seperti tari – tarian dan juga upacara – upacara adat yang bermacam- macam.
Masyarakat sampit sebagian besar menggantungkan hidupnya dari alam. Kebutuhan mereka banyak diperoleh dari hasil hutan maupun hasil sungai. Lingkungan mereka yang terdiri dari banyak hutan dan sungai mengakibatkan mereka mengoptimalkan anugrah tersebut. Bahkan aktivitas mereka kebanyakan berada di hutan dan sungai. Pasar apung menjadi contoh kegiatan mereka diatas sungai. Oleh karena itu mereka berusaha memelihara alam dan sungai. Mereka memanfaatkan hutan dan sungai namun dengan mempertimbangkan kelestariannya. Mereka sadar bahwa mereka akan menerima segala sesuatu yang baik dari alam apabila mereka memberikan yang terbaik bagi alam.
2.
Hal yang lazim dilakukan oleh kelompok masyarakat yang berbeda budaya
Masyarakat Sampit sering melakukan salam penyambutan terhadap tamu yang mengunjungi mereka walaupun hanya sekedar penyambutan sederhana. Penyambutan tamu tersebut dimaksudkan agar para tamu bisa betah tinggal dan dapat memunculkan prasangka awal yang baik terhadap masyarakat sampit.  Masyarakat sampit senang ketika mendapat kunjungan karena dengan kunjungan mereka merasa diperhatikan. Maka dari itu mereka sangat menghargai tamu. Mereka menganggap bahwa tamu yang datang kepada mereka akan membawa berkah tersendiri. Mereka berharap agar para tamu dapat mengenalkan apapun tentang sampit kepada khalayak. Mereka berharap para tamu yang pernah mendatangi mereka akan menyebarkan pengalaman yang dialaminya ketika di Sampit sehingga dapat menarik perhatian orang lain untuk berkunjung.
Mereka sering mengajak tamu mereka untuk makan sirih bersama. Sirih dianggap sebagai alat pemersatu dan alat untuk menjaga kebersamaan. Terdapat berbagai macam manfaat yang terkandung dalam sirih, sehingga mereka berharap bisa menjadi seperti sirih yang dapat memberikan manfaat bagi orang – orang terdekatnya maupun tamu – tamunya.
3.
Komunikasi nonverbal yang disepakati dalam kelompok masyarakat yang mempunyai budaya berbeda
Body communication
1. Ekspresi sepakat
Ekspresi tersebut menunjukkan bahwa dia setuju terhadap orang lain. Ekspresi yang ditunjukkan tidak jauh berbeda dengan ekspresi orang – orang kebanyakan ketika menyatakan setuju. Hal tersebut dikarenakan  percampuran dan pengaruh budaya lain yang masuk kedalam budaya masyarakat sampit.
2. Larangan
Gerakan tangannya menunjukkan dia tidak menginginkan orang lain melakukan suatu perbuatan yang dianggapnya tidak baik. Ekspresi melarang orang lain ini dilakukan karena dia peduli terhadap orang lain.
3. Perintah
Bahasa tubuhnya menunjukkan dia menginginkan orang lain untuk melakukan sesuatu yang dia perintahkan. Perintah yang diberikan biasanya mempunyai tujuan tersendiri.
4. Meminta
Ekspresi tubuhnya menunjukkan pengharapan agar keinginannya dipenuhi oleh orang lain. Ekspresi meminta dilakukan dengan penuh pengharapan agar orang lain mengabulkan permintaannya.
5. Berdo’a
Berdo’a dilakukan dengan serius dan khusuk agar apa yang diharapkan dapat terpenuhi. Berdo’a menunjukkan sarana dia untuk mendekatkan diri pada Tuhannya.
Facial communication
1. Marah
Ekspresi marah menunjukkan bahwa masyarakat sampit mempunyai karakteristik model marah yang terkesan dingin namun menusuk. Ekspresi tersebut menimbulkan kesan takut bagi yang melihatnya karena tatapan matanya yang tajam.
2. Malu

Mereka terkesan menyembunyikan diri ketika merasa malu. Menutup wajah dengan menahan tawa menjadi ciri khusus ketika dia merasa malu. Hal ini menunjukkan kesan bahwa mereka tidak berani menghadapi dunia ketika malu.
3. Sedih
Ekspresi wajah sedih menampakkan ekspresi yang sedang intropeksi diri. Mereka mengevaluasi hal yang membuat mereka merasa sedih. Karena nampak ekspresi berpikir dalam wajah sedihnya. Mereka berharap agar kesedihannya tidak terulang dimasa mendatang.
4. Senang
Ungkapan rasa senang ditunjukkan dengan ekspresi tertawa namun tidak secara berlebihan. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat sampit lebih suka kesederhanaan dalam menyikapi kebahagiaan. Karena mereka sadar bahwa semua yang berlebihan itu tidak baik.
5. Takut
Ketakutan terhadap sesuatu membuat ekspresi wajah mereka terkesan menghindar dari sesuatu yang membuat mereka takut. Walaupun terkesan menghindar namun nampak juga bahwa dia mengamati dengan saksama hal apa yang membuat dia merasa takut.
6. Jijik
Ekspresi tersebut menunjukkan jijik terhadap sesuatu dan berusaha untuk menghindari dari sesuatu yang memb uatnya jijik.
7. Tertarik
Ekspresi wajahnya menunjukkan ketertarikan terhadap sesuatu yang diinginkannya. Ketertarikannya berawal dari kekaguman terhadap barang tersebut.
Eye communication
1. Pura – pura
Kedipan mata menjadi ciri khas dia ketika mengomunikasikan tentang kepura – puraan kepada orang lain. Banyak orang yang sudah mengetahui ekspresi tersebut sehingga orang akan mudah paham maksud dia ketika berkedip.
2. Bingung
Ekspresi bingung menunjukkan ekspresi mencari solusi. Bola matanya yang mengarah keatas menunjukkan dia berpikir tentang hal yang membuatnya bingung.
3. Sinis
Ekspresi wajah sinis memberikan kesan iri terhadap sesuatu. Dari ekspresi tersebut menunjukkan bahwa dia nampak menyepelekan orang lain serta menganggap remeh terhadap sesuatu yang dilihatnya.
4. Negosiasi
Ekspresi negosiasi ditunjukkan dengan memberi penekanan untuk meyakinkan orang lain. Ekspresi negosiasi diperkuat dengan gerakan tangan dan tatapan mata yang dalam untuk meyakinkan lawan bicara.
Touch communication
1. Salut

Ekspresi salut terhadap orang lain digunakan ketika dia memberikan pengakuan terhadap kehebatan orang lain.
2. Penghargaan
Ungkapan penghargaan terhadap orang lain ditunjukkan dengan menepuk bahunya. Hal ini menunjukkan dia menghargai pencapaian yang telah diraih orang tersebut.
3. Maaf
Ungkapan maaf dilakukan ketika dia membuat kesalahan kepada orang lain. Permohonan maaf adalah sebagai wujud pengakuan kesalahannya. Dia akan berusaha untuk tidak mengulang kesalahannya.
4. Sayang
Ekspresi sayang ditunjukkan dengan memberi belaian terhadap orang lain. Hal tersebut dimaksudkan agar orang tersebut merasa disayangi dan dipedulikan.
Paralanguage & silence
1. Pertimbangan
Ekspresi tersebut menunjukkan ekspresi pertimbangan ketika ingin memilih sesuatu. Dia mengamati terlebih dahulu apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan antara yang satu dengan yang lain.
2. Berpikir
Ekspresi serius ditunjukkan ketika memikirkan sesuatu. Ekspresi wajahnya menunjukkan keseriusan memecahkan masalah dengan menunjuk – nunjuk ke bagian kepala yang bertujuan untuk memantapkan dan memaksimalkan kerja otak.
3. Menyembunyikan ketertarikan
Wajahnya mengisyaratkan ada sesuatu yang disembunyikan. Ekspresi tersebut dilakukan ketika dia tertarik terhadap sesuatu namun tidak ada keberanian untuk mengungkapkannya.
Spatial message
1. . Halaman rumah yang luas
Halaman rumah yang luas adalah sebagai simbol pengharapan agar hidup mereka selalu dilapangkan dari berbagai persoalan.
2. Suka tinggal didekat sungai
Orang sampit suka tinggal didekat sungai karena kebanyakan dari mereka menggantungkan hidupnya disungai. Sungai dijadikan sebagai tempat mencari nafkah. Sungai juga menjadi area perdagangan. Kegiatan jual beli dilakukan diatas perahu. Hal ini menunjukkan bahwa mereka menghargai sungai dengan memanfaatkan sungai dengan sebaik mungkin.
3. Bentuk rumah panjang
Bentuk rumah yang panjang menandakan bentuk persatuan mereka yang sangat erat. Mereka berharap umur keluarga dan keharmonisan dalam keluarga dapat terjalin dalam waktu yang panjang seperti halnya bentuk panjang dalam rumah mereka.
Artifactual communication
1. Taat
Pakaian serta peralatan ibadah menunjukkan identitas dia sebagai seorang muslim yang taat. Keseriusan yang ditunjukkan melalui ekspresi wajahnya juga menunjukkan penghayatan yang mendalam tentang makna ajaran yang dianutnya.
2. Pesolek
Pakaian serta aksesoris yang digunakan memberikan sebuah pesan bahwa budaya – budaya barat sudah masuk dan dicerna. Hal ini menunjukkkan bahwa masyarakat sampit tidak anti terhadap perubahan.
3. Suka warna merah
Masyarakat sampit menganggap warna merah sebagai warna yang sakral. Mereka sering menggunakannya dalam acara adat. Warna merah dianggab mempunyai kekuatan untuk membangkitkan semangat. Warna merah melambangkan perjuangan masyarakat yang tidak pernah surut.
4. Kebiasaan makan sirih
Sirih adalah tumbuhan yang mempunyai berbagai macam manfaat. Sirih dapat digunakan sebagai obat dan sebagai pelindung gigi dari kerusakan. Sirih juga mempunyai zat antiseptik yang berfungsi menyembuhkan luka. Masyarakat sampit sering makan sirih menunjukkan bahwa mereka peduli terhadap kesehatan. Terutama kesehatan gigi. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya orang tua yang giginya masih utuh.
5. Satu rumah satu keluarga
`
Masyarakat sampit bertempat tinggal dalam 1 rumah yang berisi 1 keluarga bertujuan agar terjalin keintiman dan keharmonisan hubungan. Satu rumah dalam satu keluarga adalah simbol dari keeratan. Mereka berbagi apapun dengan anggota keluarganya. Sehinnga jarang terjadi koflik dalam keluarga.
6. Pemakaian asesoris
Pemakaian aksesoris menunjukkan bahwa masyarakat sampit menyukai keindahan. Mereka berpendapat bahwa perhiasan dapat memperindah penampilan dan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan karena telah memperindah segalanya.



Transkip wawancara

Firma: Assalamualaikum w.w. berhubung Saya mendapat tugas pengantar ilmu komunikasi tentang observasi komunikasi nonverbal. Maka dari itu saya ingin mewawancarai anda berbagai hal menyangkut tugas tersebut. Pertama, bisakah anda  mendeskripsikan tentang biodata anda?
Nafi : Nama Saya Muhammad nafi almubarok. Nama Panggilan saya Nafi’. Saya lahir di Beringin Agung, 24 Maret 1992. Alamat Saya di Ds. Beringin Agung, RT/RW 02/03  Kec. Antang Kalang.  Kab.Kota Waringin Timur, Kalimantan Tengah. Anda dapat menghubungi saya dinomor 081904288853 atau kirim Email ke nafi.mubarack@yahoo.com. add saya di Facebook mubaracknafi. Follow twitter @nafimubarack. Hobbi saya Membaca dan Travelling. Saya berharap menjadi Dosen dan enterpreneur. Motto saya “ Jangan pernah berharap pada orang lain selama dirimu mampu berdiri sendiri”.
Firma   : Apa yang menjadi ciri khas dari masyarakat Sampit?
Nafi : menurut saya yang menjadi ciri utama masyarakat sampit adalah sikap menghargai terhadap alam. Mereka senang berburu. Mereka memanfaatkan alam untuk berbagai macam kebutuhan. Hutan dimanfaatkan dengan sebaik mungkin sehingga hewan dan tanamannya tetap lestari. Sungai dijadikan tempat mencari nafkah. Disamping sebagai nelayan mereka juga melakukan perdagangan diatas sungai. Mereka sering menyebutnya sebagai pasar apung.
Firma : Hal apa yang menjadi kebiasaan / lazim dilakukan masyarakat sampit?
Nafi : Mereka biasa melakukan penyambutan terhadap tamu yang mengunjungi mereka. Walaupun terkadang hanya penyambutan sederhana. Mereka berharap agar tamu yang datang betah tinggal dan dapat menimbulkan prasangka awal yang baik terhadap masyarakat sampit. Mereka senang dikunjungi karena dengan kunjungan tersebut mereka merasa diperhatikan. Mereka berharap agar para tamu mengenalkan sampit kepada dunia luar. Mereka sering mengajak tamu mereka untuk makan sirih bersama. Sirih dianggap sebagai alat pemersatu dan alat untuk menjaga kebersamaan. Terdapat berbagai macam manfaat yang terkandung dalam sirih, sehingga mereka berharap bisa menjadi seperti sirih yang dapat memberikan manfaat bagi orang – orang terdekatnya maupun tamu – tamunya.
Firma : Dapatkah anda mendeskripsikan sekilas tentang rumah adat sampit?
Nafi : Rumah adat sampit berbentuk panjang.
Firma :Apa makna rumah – rumah adat sampit yang berbentuk panjang?
Nafi :  Rumah yang berbentuk panjang menunjukkan keeratan hubungan mereka. Mereka berharap agar Tuhan memberikan kehidupan yang panjang agar mereka dapat selalu berbuat baik.
firma : apa makna lebar halaman rumah?
Nafi : Lebar halaman rumah menunjukkan kelapangan. Mereka berharap agar hidupnya selalu lapang dan dibebaskan dari segala macam masalah.
Firma : Bagaimana model pakaian yang digemari?
Nafi : mereka menggunakan model pakaian yang pada umumnya sama dengan masyarakat lain. Namun mereka lebih suka menggunakan pakaian atau apapun yang berwarna merah. Mereka menyukai warna merah karena mereka menganggap bahwa merah adalah simbol keberanian. Masyarakat sampit menganggap warna merah sebagai warna yang sakral. Mereka sering menggunakannya dalam acara adat. Warna merah dianggab mempunyai kekuatan untuk membangkitkan semangat. Warna merah melambangkan perjuangan masyarakat yang tidak pernah surut.
firma : apa makna penggunaan berbagai macam asesoris?
Nafi : Mereka berpendapat bahwa perhiasan dapat memperindah penampilan dan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan karena telah memperindah segalanya.
Firma : Apakah ada gerakan khusus pada masyarakat sampit saat kita akan menyapa orang lain?
Nafi : Saya kira , mereka hanya menyapa dan memberi senyuman saja.
Firma : Sebagai manusia tentunya kita tidak luput dari kesalahan. adakah tata cara tersendiri untuk meminta maaf dan bagaimana sikap masyarakat sampit ketika kita meminta maaf? Apakah mereka pemaaf ataukah mereka memberikan syarat terlebih dahulu sebelum memaafkan?
Nafi : Mereka cenderung memiiliki ego yang tinggi. Sehingga Sangat sulit bagi mereka untuk meminta maaf.
Firma : hal apakah yang secara umum sering membuat mereka tersinggung dan ekspresi apa yang sering mereka perlihatkan saat tersinggung?
Nafi : Hal- hal keci seringkali dapat membuat mereka tersinggung. Mereka akan menunjukkan ketidak senangan / tersinggung dengan memalingkan badannya.
Firma :Hal apakah yang sensitif bagi mereka yang menyebabkan mereka merasa marah, sedih, malu dan ekspresi lain yang menyangkut perasaan?
Nafi :  Mereka akan merasa marah apabila menyinggung masalah keluarga dan adat merka.
Firma :Ada gerakan tubuh yang khas gak fik untuk mengungkapkan sesuatu ?
Nafi : Setahuku tidak ada. kebanyakan gerakannya sama dengan masyarakat sekitar karena sudah banyak terjadi percampuran budaya.
Firma : Terimakasih atas informasinya. Semoga informasi tersebut dapat memberikan manfaat bagi saya pribadi maupun orang lain. Wassalamualaikum w.w.
 Profil Narasumber :
                                                         
Nama                                      : M. Nafi Al Mubarok
Nama Panggilan                     : Nafi’
Tempat, tanggal lahir             : Beringin Agung, 24 Maret 1992
Alamat                                    : Ds. Beringin Agung, RT/RW 02/03  Kec. Antang Kalang.  Kab.Kota Waringin Timur, Kalimantan Tengah
CP                                            : 081904288853
Email                                       : nafi.mubarack@yahoo.com
Facebook                                 : mubarack nafi
twitter                                     : @nafimubarack
Hobbi                                       : Membaca, Travelling.
Cita – cita                                : Dosen, enterpreneur.
Motto                                      : Jangan pernah berharap pada orang lain selama dirimu mampu berdiri sendiri.
Riwayat pendidikan                : a.) TK Beringin
                                                  b.) SDN1 Beringin Jaya
                                                  c.) MTS Darul Amin Sampit
                                                  d.) MA Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta

jumlah saudara / anak ke       :  4/ 3
Makanan favorit                     : Seafood
Minuman favofit                     : Es kelapa muda


Tidak ada komentar:

Posting Komentar